PERKEBUNAN : POHON JATI



Kondisi geografi pulau madura dengan topografi yang relatif datar di bagian selatan hingga bagian utara. Selain itu, madurajuga merupakan dataran tinggi tanpa gunung berapi dan memilikik tanah pertanian dan lahan yang kering. Komposisi tanhan dan curah hujan yang kurang mengakibatkan madura memiliki tektur tanha yang kurang subut. Banyak hamparan ladang yang dimanfaat kan dengan ditanami aneka pohon besar yang mampu tumbuh dalam kondisi tanah kering.
Desa tenggun dajah hampir 75% berupa hamparan lahan yang banyak di tanami pohon-pohon besar. Setiap masyarakat yang ada di desa tenggun dajah sebagian besar memiliki kebun atau ladang.Ladang tersebut hampir sebagian besar di tanami pohon jati. Pemilihan pohon jati sebagai tanaman yang di tanam di ladang karena pohon jati terbilang pohon yang kuat dan sering digunakan untuk pembuatan alat-alat rumah. Selain itu, pohon jati juga memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada pohon lainnya.

Tanaman jati merupakan komoditas besar yang ada di desa tenggun dajah. Pohon jati ditanam  juga dikarenakan pohon jati yang mampu tumbuh di tanah apapun. Selain pohon jati, masyarakat tenggun dajah juga memanfaatkan ladang untuk ditanami kacang, singkong,dan ubi namun hanya dalam skala kecil. Penanaman tanaman tersebut hanya sebatas di lereng-lereng atau celah-celah pohon jati agar lahan tidak kosong sehingga dimanfaatkan dengan penanaman tanaman lain yang digunakan sebagai selingan dan di konsumsi secara pribadi tanpa di perjual belikan. 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment