Hijaunya Hamparan Padi di Tenggun Dajah


Pertanian merupakan suatu kegiatan yang memanfaatkan sumberdaya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan,industri ataupun energi. Pertanian lebih sering disebut dengan bercocok tanam. Bercocok tanam merupakan salah satu mata pencaharian yang paling besar di Indonesia, hal ini dikarenakan Indonesia merupakan neqara tropis yang memiliki material tanah yang subur.
Di indonesia sendiri banyak kota atau wilayah yang sektor pertaniannya baik salah satunya Madura. Di Madura khususnya di desa tenggun dajah klampis, memiliki potensi alam di bidang pertanian yang sangat luas. Hal ini dapat di tunjukkan dengan banyak nya hamparan padi yang ada di sebelah jalan-jalan kecil di desa. Memang tidak semua dusun memiliki potensi pertanian yang tinggi, hanya beberapa dusun saja seperti di desa tenggun timur dan tenggun barat yang kaya akan sektor pertaniannya. Adapun tanaman yang di kembangkan dan dibudidayakan dalam sektor pertanian di desa tenggun dajah yakni tanaman padi dan jagung.
Tanaman padi banyak di jumpai di  dusun tenggun dajah, karena tekstur tanah di dusun tersebut subur dan cocok untuk ditanami tanaman padi. Kualitas padi yang ditanampun terbilang bagus karena proses irigasi atau pengairan cukup sehingga kadar air yang di serap tanah terpenuhi sehingga menghasilkan padi yang bagus. Adapun masa panen di dusun tenggun dajah sama dengan masa panen di desa lain yakni kisaran antara 3-4 bulan. Hasil dari panen padi ini ada yang sebagaian di simpan untuk di konsumsi secara pribadi adajuga yang sebagian di jual ke pasar.

             Nah jadi jangan salah ya berpikir tentang Madura, meskipun Madura panas karena letak geografisnya yang beradadi tengah garis khatulistiwa, namun madura juga kaya akan potensi alamnya dari segi pertanian. Meskipun terbilang tanah di madura keras dan sulit untuk ditanami, namun ada beberapa desa yang memiliki tekstur tanah yang subur dan cukup air sehingga mampu untuk di tanami padi atau jagung.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment