Pelatihan Olahan Pisang Menjadi Aneka Makanan


Pisang merupakan buah yang mudah tumbuh diberbagai jenis kontur tanah. Selain perawatannya mudah, buah ini juga memiliki banyak jenis. Seperti halnya di desa Tenggun Dajah, buah ini tumbuh melimpah dan dijadikan salah satu potensi desa. Sebagian besar pekarangan warga banyak ditanami pohon pisang, selain itu buah ini juga tumbuh di sepanjang jalan.
Melimpahnya potensi buah pisang di desa Tenggun Dajah ini belum terlalu dimaksimalkan oleh masyarakat sekitar. Terbukti dengan banyaknya buah pisang yang sudah masak hanya dijual dan dijadikan olahan pisang goreng saja. Adanya kondisi ini, kepala desa Tenggun Dajah dibantu oleh Karang Taruna desa Tenggun Dajah serta mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Madura mengadakan sebuah pelatihan olahan makanan berbahsan dasar buah pisnag. Olahan makanan yang pertama adalah es krim pisang yang dinamai “TD ICE” singkatan dari Tenggun Dajah ice. Sedangkan olahan makanan yang kedua dari buah pisang ini yaitu memanfaatkan kulit pisangnya agar tidak terbuang sia-sia. Kulit pisang apabila tepat dalam pengolahannya maka dapat dimanfaatkan menjadi olahan kerupuk kulit pisang yang dinamai “KUPING TD” singkatan dari Kerupuk Kulit Pisang Tenggun Dajah. 
Sosialisasi sekaligus pelatihan pembuatan olahan pisang dilaksanakan di dusun Larangan desa Tenggun Dajah kecamatan Klampis, Bangkalan. Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Senin 29 Januari 2018 di kediaman kepala desa Tenggun Dajah. Sosialisasi dan pelatihan pengolahan pisang ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat sekitar. Tujuan dengan adanya kegiatan ini adalah untuk melatih sumber daya manusia Tenggun Dajah agar mampu memaksimalkan potensi desa yang ada. Selain itu, mampu meningkatkan perekonomian warga setempat melalui olahan makanan berbahan dasar buah pisang.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment