Senam Sehat Ceria



Senam berasal dari kata Gymnastics (Inggris) dan Gymnastiek (Belanda). Gymnastics sendiri dari kata serapan Bahasa Yunani yaitu Gymnos yang berarti telanjang. Dalam bahasa Yunani, gymnastics diturunkan dari kata Gymnazein yang berarti berlatih atau melatih diri. Latihan tersebut dibutuhkan bagi pemuda Yunani Kuno (sekitar tahun 1000 SM hingga sekitar tahun 476) untuk menjadi warga negara yang baik sesuai cita-cita negara serta menjadikan penduduknya sebagai manusia humoris. Senam adalah latihan tubuh yang dipilih dan dicipatakan dengan berencana, disusun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara humoris.
Manfaat dari senam, yaitu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh warga masyarakat, meningkatkan fungsi tubuh, mengurangi berat badan, mengurangi berbagai penyakit, meningkatkan kesehatan otot, meningkatkan mood dan mengurangi stress, memperkuat nafas, mengurangi tekanan darah, mengurangi diabetes, mengatasi insomnia, memperkuat tulang sendi.
Tujuan senam diantaranya: memberi pemahaman akan kesehatan tubuh, membangun keluarga sehat,membantu pencegah suatu penyakit. Senam juga memberi tubuh semakin bugar karena fungsi senam yang sangat baik dalam  aktivitas sehari-hari apalagidikala banyak akivitas luar senam sangat bagu untuk di lakukan  dalam rumah.
Berdasarkan banyaknya manfaat senam diatas, maka ibu-ibu PKK di desa Tenggun Dajah melaksanakan senam di setiap hari Jum’at sore. Senam ini bekerja sama dengan Kepala Desa dan juga Mahasiswa KKN Unoversitas Trunojoyo. Selain ibu-ibu, anak-anak pun juga sangat antusias dalam mengikuti senam ini. Kegiatan senam ini dilakukan di dusun Ga’ongga’an.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment