Membangun Generasi Muda Masyarakat Tenggun Dajah Bebas Narkoba Melalui Sosialisasi Penyuluhan Narkoba



Sabtu, 20 Januari 2018, kepala desa Tenggun Dajah yaitu Bapak H. Junaidi mengadakan acara “Sosialisasi Penyuluhan Narkoba”. Acara ini dilaksanakan di Yayasan Al-Mu’tadil desa Tenggun Dajah dan dihadiri oleh seluruh masyarakat desa Tenggun Dajah hingga aparat kepolisian Polsek Klampis. Tujuannya adalah untuk membangun generasi muda serta masyarakat Tenggun Dajah agar bebas atau terhindar dari narkoba. Kegiatan ini bekerja sama dengan GMDM (Gerakan Mencegah Daripada Mengobati) dari BNN Kabupaten Bangkalan, Karang Taruna desa Tenggun Dajah, serta Mahasiswa KKN dari Universitas Trunojoyo Madura yang tengah melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di desa Tenggun Dajah.

Dalam sosialisasi ini, Bapak Umar Al-Khotob (Ki Dalang) menjelaskan tentang pengertian narkoba, ciri-ciri penyalahgunaan narkoba, hingga langkah-langkah pencegahan. Selain itu, beliau juga menjelaskan bahwa masyarakat memiliki peran penting untuk dapat mencegah penyalahgunaan narkoba seperti yang tertera dalam UU No. 35/2009, pasal 104-106, yaitu:
1.      Masyarakat mempunyai kesempatan seluas-luasnya untuk berperan serta dalam membantu pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran berat narkotika.
2.      Masyarakat mempunyai hak dan tanggung jawab dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.
3.      Masyarakat memperoleh perlindungan hukum saat melaksanakan haknya dalam pencegahan penyalahgunaan narkotika.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment