KUPING : Limbah Organik Sejuta Manfaat


Kuping merupakan kepanjangan dari kerupuk kulit pisang. Kuping merupakan  inovasi baru dalam bidang pangan yang berbahan dasar kulit pisang. Pembuatan krupuk kulit pisang tercipta karena melihat banyaknya masyarakat yang hanya membiarkan kulit buah pisang terbuang begitu saja tanpa di manfaatkan menjadi sebuah barang yang memiliki nilai jual. 
Desa Tenggun Dajah  Kecamatan  Klampis merupakan salah satu desa yang  memiliki potensi alam berupa pohon pisang yang banyak. Melihat potensi alam dari desa tenggun dajah yang kebanyakan  adalah pohon pisang, maka kami berinisiatif dan berinovasi membuat sebuah olahan makanan yang berbahan dasar pisang. Disini kemudian kami melakukan penelitian dan percobaan  terhadap buah pisang, dan akhirnya kami mencoba membuat gagasan baru yakni krupuk dari kulit pisang.
Kulit pisang yang biasanya di buang dan menjadi sampah rupanya mampu diolah sehingga menghasilkan sebuah cemilan atau  makanan  ringan yang lezat berupa krupuk kulit pisang. Gagasan ini bermula karena melihat masih banyak masyakarat yang hanya membuang begitu saja kulit buah pisang. Padahal, kulit pisang memiliki kandungan gizi yang banyak diataranya protein, kalsium, karbohidrat, zat besi, fosfor, vitamin B dan juga vitamin C. Tidak hanya memiliki sejuta kandungan gizi, namun kulit pisang juga memiliki manfaat yang luar biasa seperti mampu  menyembuhkan  katarak. Oleh sebab itu, maka kami melakukan sebuah  inovasi baru dengan memanfaatkan kulit pisang menjadi sebuah kerupuk. Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerupuk kulit pisang diantaranya :
1.      4 kulit pisang
2.      ¼Kg tepung tapioka
3.      3 sendok makan tepung terigu
4.      Satu sendok teh garam
5.      3 siung bawang putih
6.      Segelas air kapur sirih
7.      Air secukupnya
Selanjutnya untuk pembuatan kerupuk kulit pisang sangatlah mudah karena hampir sama dengan membuat kerupuk pada umumnya.namun, yang membedakan hanya pada proses awal  yakni perendaman kulit pisang pada air kapur sirih. Berikut akan kami paparkan cara pengolahan kulit pisang menjadi sebuah kerupuk :
1.      Kulit pisang yang sudah di cuci bersih, di rendam pada air kapur sirih selama 20 menit untuk menghilangkan getah hitam pada kulit pisang
2.      Setelah di rendam, rebus kulit pisang sampai tekstur kulit sedikit lembek
3.      Setelah matang, angkat kulit pisang dan tiriskan hingga kandungan airnya berkurang
4.      Haluskan bawang putih dan garam terlebih,kemudian campurkan kulit pisang yang sudah di haluskan ke dalam bumbu
5.      Masukkan tepung tapioka dan tepung terigu ke dalam adonan kulit pisang dengan diberikan air sedikit demi sedikit.
6.      Uleni adonan tersebut hingga tercampur ratadan adonan kalis ( tidak lengket ).
7.      Setelah itu cetak adonan sesuai dengan keinginan atau pipihkan menggunakan tangan.
8.      Rebus cetakan kerupuk sampai matang.
9.      Angkat cetakan kerupuk dan jemur di terik matahari.
Nah,cukup mudah dan sederhana bukan cara membuat kerupuk kulit pisang. Selanjutnya untuk tahap pengemasan, kerupuk kulit pisang  bisa di kemas menggunakan plastik PP (Poliprophilen) dan kemasan harus di sealer ( penyegelan) agar terjaga kerenyahannya.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment