Kerajinan Lampu Hias Dari Bambu


Desa Tenggun Dajah memiliki sumber daya alam yang melimpah, salah satunya adalah bambu. Untuk memanfaatkan pohon bambu tersebut, warga sekitar menjadikan suatu kerajinan tangan,  salah satunya yaitu kerajinan lampu hias dari bambu. Kerajinan dari bambu ini digunakan untuk memanfaatkan potensi alam yang ada. Selain itu, juga digunakan untuk memperindah isi rumah. Jadi agar rumah terlihat menarik dan indah pasti banyak kreasi yang dilakukan, contohnya dengan membuat lampu hias. Lampu hias ini dapat dibuat sendiri, yakni dengan memanfaatkan bambu besar atau bambu pangkal. Ruangan yang diberi hiasan lampu dari bamboo akan terlihat eksotik bahkan romantis. Lampu hias semacam ini dapat diletakkan di berbagai sudut ruang, seperti ruang tamu, kamar tidur dan sudut  taman. Berikut adalah alat dan bahan serta cara pembuatan lampu hias.
A.      Alat dan bahan :
·        Bambu,
·    Lampu Tidur yang hemat energi 5 watt warna kuning,hijau,putih,biru (sesuai selera Anda)
·        kabel secukupnya,
·        pitingan lampu,
·        steker/colokan,
·        cat warna sesuai keinginan atau pelitur,
·        tiner, dan
·        amplas.

B.      Cara membuat :
1.        Pilihlah bambu yang sudah kering untuk Kerajinan Lampu, yang cukup besar dengan diameter sekitar 10 cm. gergaji bambu dengan panjang 30cm atau sesuai kebutuhan.
2.        Buat lah pola-pola lubang sesuai selera anda menggunakan bor.
3.        Amplas sampai halus  dan cat kesuluruhan bambu dengan warna coklat atau pelitur. Tunggu sampai kering.
4.        Belah bambu secara vertikal untuk membuat penyanggah lampu dengan panjang 40 cm atau sesuai kebutuhan, agar dapat menempelkan lampu ke tembok dengan cara di gantungkan pada penyangga tersebut.
5.        Buatlah 2 lubang, lubang yang pertama untuk menggantungkan penyangga lampu, lubang yang ke dua untuk jalan kabel. Sediakan dua balok untuk penempel ketembok dan satukan dengan penyangga lampunya.
6.        Amplas penyangga lampu sampai halus.
7.        Buatlah tongkat kecil yang berukuran 20 cm atau sesuai keinginan, dan kasih paku cantolan untuk menggantungkan lampu, terus cat penyangga lampu menggunakan pelitur atau cat sesuai selera.
8.        Pasang kabel pada pitingan lampu.
9.        Buatlah penutup menggunakan sandal atau kayu yang sesuai diameter lubang bambu serta berilah lubang ditengahnya untuk jalan kabel.
10.    Satukan penutup dari sandal atau kayu tersebut dengan pitingan lampu.
11.    Pasangkan penutup lampu tersebut kedalam bambu.
12.    Satukan penyangga lampu dengan lampu bambu.
13.    Pasang kabel ujung satunya ke steker(colokan)
14.    Pasang lampu
15.    Tempel di tembok dan colokan steker pada sumber listrik.
16.    Lihat hasilnya.

SELAMAT MENCOBA




Previous
Next Post »
Thanks for your comment