Sosialisasi Penanaman Menggunakan Sistem Hidroponik




Hidroponik merupakan suatu teknik budidaya tanaman dengan memanfaatkan air sebagai media tanam. Fungsi media tanam dalam budidaya secara hidroponik adalah untuk membantu tanaman agar tetap berdiri sekaligus membantu tanaman dalam proses penyerapan nutrisi. Teknik hidroponik menjadi salah satu teknik penanaman ramah lingkungan dengan kebutuhan air yang lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Dalam perawatan hidroponik, tidak perlu dilakukan penyiraman secara rutin. Hal ini dikarenakan kebutuhan nutrisi (air) sudah terpenuhi dalam media tanam sendiri. Sehingga ini menjadi faktor mengapa hasil tanamannya lebih aman dan sehat.
Saat ini, banyak masyarakat yang tertarik dengan cara penanaman hidroponik. Namun, masih banyak masyarakat yang masih belum paham akan cara penanaman menggunakan sistem hidroponik dengan benar. Oleh sebab itu, perlu diadakannya sosialisasi tentang cara penanaman hidroponik. Seperti yang dilakukan oleh karang taruna desa Tenggun Dajah.
Karang taruna desa Tenggun Dajah mengadakan sosialisasi penanaman menggunakan sistem hidroponik dan bekerja sama dengan kepala desa serta mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Madura. Sosialisasi penanaman hidroponik dilakukan di desa Tenggun Dajah pada tanggal 23 Desember 2017 yang bertempat di rumah Klebun. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan pengetahuan kepada masyarakat di desa Tenggun Dajah mengenai cara penanaman secara hidroponik. Hal ini diharapkan dapat memberikan peluang kepada masyarakat desa Tenggun Dajah untuk mendapatkan hasil panen yang berkualitas dan mampu bersaing dengan hasil tanam lainnya.
Budidaya tanaman dengan teknik hidroponik ini sangat mudah hidroponik bisa dilakukan di sekitar rumah tanpa membutuhkan lahan yang luas. Hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya dengan metode hidroponik ini adalah cahaya, oksigen, ketersediaan air,  dan nutrisi. Ditambah lagi dengan kondisi Indonesia yang beriklim tropis adalah tempat yang cocok untuk menerapkan metode ini. Bercocok tanam dengan hidroponik akan mendapatkan hasil yang bagus jika diiringi dengan hobi. Karena jika dimulai dari hobi maka akan sangat berpotensi untuk dijadikan bisnis yang sangat menjanjikan. Sehingga, teknik penanaman ini cocok dilakukan oleh masyarakat desa Tenggu Dajah.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment